Sembilan Cara Menjadi SuperMom

Berapa kali dirimu merasa gagal sebagai seorang Ibu? Kebanyakan ibu pasti merasakan hal yang serupa. Kita seringkali berteriak pada anak-anak kita, melupakan sesuatu yang penting dan memberikan terlalu banyak tekanan sehingga membuat anak kita menderita.

Ibuku adalah akar dan pondasiku. Beliau yang menanamkan benih dan menjadi dasar aku hidup. Keyakinanku itulah yang membuatku bisa memulai dan meraih sesuatu dalam hidup.

Bagaimanapun, menjadi seorang ibu tidak sesulit yang kita bayangkan.

Dikutip dari situs herviewfromhome. Ini adalah delapan cara untuk menjadi ibu yang dicintai anak-anaknya. (Beberapa dari kamu mungkin sudah melakukannya).

  1. Beritahu anak-anakmu bahwa kamu mencintai mereka setiap hari

    Ini adalah sesuatu hal yang sederhana tetapi kita tidak ingin anak-anak kita berpikir mereka tidak dicintai oleh ibunya. Sebagai seorang ibu, kita ingin anak-anak tahu tanpa ragu bahwa mereka adalah harta kita yang sangat penting dan berharga.

    Sumber: http://3.bp.blogspot.com

  2. Katakan iya saat kamu sebenarnya ingin berkata tidak

    Kalimat di atas bisa memiliki makna yang berbeda bagi setiap ibu. Beberapa dari kita mungkin tidak senang bermain robot-robotan semisal gundam atau lego. Namun, saat kita meluangkan waktu bermain bersama anak kita menyusun robot-robot kesukaannya, ini memberikan kesan yang baik dan pengalaman baru bukan hanya untuk anak tetapi juga untuk kamu sendiri.

  3. Doakan anak kita bersama-sama 

    Seringnya anak-anak belajar dengan melihat apa yang orang tuanya lakukan. Berikan sedikit waktu untuk berdoa saat sebelum makan malam. Kemudian, berikan kesempatan bagi mereka untuk memimpin doa. Ini akan memberikan kebanggaan tersendiri bagi sang anak.

  4. Tulis catatan cinta untuk anak-anakmu

    Catatan cinta itu bisa ada di mana saja. Bisa di bekal makan siang, di cermin kamar mandi, atau ada di bawah bantal. Kamu bisa menulis catatan tentang doa agar sukses melakukan ujian, mendapat nilai yang diinginkan, atau terima kasih atas apa yang sudah mereka lakukan. Catatan ini adalah salah satu cara untuk memberikan keberanian kepada anak-anak kita.

  5. Berbagi cerita tentang masa kecilmu dan masa kecil mereka 

    Kebanyakan anak akan senang mendengar petualangan ibunya semasa kecil. Bisa saja itu cerita tentang permainan yang sering kamu mainkan. Atau cerita saat kamu mendapatkan masalah. Bertengkar dengan teman. Kehilangan hewan peliharaan. Ini adalah cara yang tepat untuk membangun hubungan dengan anak tercinta.

    Sumber: https://i.pinimg.com

  6. Temani mereka tidur walaupun umur mereka bukan anak-anak lagi

    Sebelum tidur, kamu bisa menemani mereka dahulu. Aktivitas ini akan memberikan efek baik jika dilakukan secara rutin. Kamu bisa menemani mereka berdoa sebelum tidur, membacakan dongeng, mendengarkan apa saja yang dilakukan sepanjang hari, dan apa yang menggangu mereka. Cerita mereka sangatlah berharga dan inilah yang akan membuat anak-anakmu semakin terbuka kepadamu. Akhiri dengan pelukan dan sedikit kecupan. Selamat tidur.

    Sumber: http://www.istockphoto.com

  7. Matikan ponselmu dan jadilah pendengar yang baik

    Kehidupan sekarang tidak lepas dari dunia digital, sosial media, Whatsapp, Line, dan Facebook. Tidak hanya anak-anak, bahkan para orang tua pun mulai sibuk dengan sosial medianya masing-masing. Jika kamu ingin membuat hubungan yang intim dengan anakmu, kalian harus mematikan semua alat komunikasi saat anakmu berbicara. Dengarkan setiap cerita dan keluh kesahnya agar dia merasa diperhatikan dan dihargai. Jika tidak, hubunganmu dengan sang anak akan seperti hubunganmu dengan teman-teman chatting onlinemu yang tidak pernah kamu temui. Dan itu bukanlah suatu hubungan yang baik.

    Sumber: http://www.hoaxorfact.com

  8. Biarkan anakmu membantu

    Memang, lebih mudah untuk melakukan sesuatu sendiri, tetapi tidak melibatkan anakmu akan membuatmu kehilangan waktu berharga untuk memberinya pelajaran hidup. Berikanlah waktu untuk melatih anakmu. Semakin dia bisa maka semakin ringan juga pekerjaanmu. Namun, perlu dicatat memaksa anak untuk melakukan pekerjaan itu malah akan membuat anakmu semakin menjauhimu. Kamu harus pastikan sang anak membantu atas keinginannya sendiri dan bukan atas keterpaksaan

  9.  Beri anakmu cukup kebebasan

    Kunci untuk menjadi supermom adalah kamu harus menikmati setiap proses dalam mendidik anakmu. Memahami semua tingkah lakunya, bahkan semua imajinasi yang melampaui batas pikiranmu. Di sinilah peran sebagai supermom untuk memberikan kebebasan sangat diperlukan. Biarkan buah hatimu bebas berimajinasi menembus batas-batas normal. Dengan begini, mereka juga dapat bebas belajar tentang dirinya sendiri. Tak perlu takut memberi kebebasan berpikir seperti ini pada anakmu. Dan sebaiknya kamu tidak memberi batasan-batasan yang bersifat mengekang. Seperti yang dikutip oleh beritasatu.com, Marye Audet, ibu delapan anak, menekankan “meski aturan memang penting, tapi kehidupan anak-anak bukanlah sesuatu yang harus selalu terstruktur.”

    Apakah kamu punya cara lain agar dicintai anak-anakmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *